Pemetaan kawasan kampus ITERA dengan UAV

Pemetaan kawasan kampus ITERA dengan UAV

Mengudara di ITERA

Rabu 13 Februari 2019, SGT UAV mendapatkan kesempatan melakukan akuisisi foto udara untuk kawasan kampus Institut Teknologi Sumatera (ITERA). Kegiatan ini merupakan gagasan dari Rektorat sebagai bahan dasar untuk pengembangan wilayah kampus ITERA dengan mediator kami Dr. Ir. Bambang Edhi Leksono S, M.Sc. Kami disambut dengan hangat oleh Kepala Program Teknik Geomatika yakni  Dr. Ir. Irdam Adil, M.T. Kehangatan yang ditunjukan, membuat kami merasa ITERA adalah rumah kedua.

Diskusi dengan rekan-rekan ITERA

Kegiatan ini dimulai dengan merencanakan  Area of Interest (AOI), pemasangan Ground Control Point (GCP), perencanaan jalur terbang, melakukan misi terbang dan processing foto udara (orthophoto) yang siap dilayout menjadi peta dasar.

Area of Interest (AOI)

 Rencana Pemasangan Ground Control Point (GCP)

 Perencanaan Jalur Terbang

Dalam kegiatan ini dibantu oleh beberapa perwakilan mahasiswa, Tim dibagi menjadi dua, tim pertama merupakan tim akuisisi foto udara yang beranggotakan tim SGT UAV. Sedangkan tim kedua merupakan tim pengukuran GCP yang beranggotakan beberapa perwakilan mahasiswa Teknik Geomatika ITERA dengan dibimbing oleh salah seorang perwakilan dari Surveyor SGT UAV.

SGT Mengudara di ITERA

  Persiapan Take Off

SGT Mengudara di ITERA

 

Ditengah teriknya mentari, antusiasme dan semangat mahasiswa serta dosen membuat kami semakin tertantang untuk berbagi sedikit pengetahuan yang kami miliki. Sesekali tim berbagi ilmu dan bertukar pikiran terkait pengalaman dilapangan yang kerap kali mengundang tawa.

SGT Mengudara di ITERA

Memonitoring Pesawat

Pada saat pesawat melakukan misi terbang, kami berkumpul didepan laptop (monitoring station) yang disimpan dibelakang mobil sambil sesekali memantau pergerakan pesawat. Rasa ingin tahu dari mahasiswa tergambar dari beberapa pertanyaan yang dilayangkan kepada kami. 

Monitoring Misi Pesawat

Disaat yang sama tim lain melakukan pengukuran GCP, GCP yang diukur berjumlah lima dan proses pengukuran  dilakukan oleh Mahasiswa Geomatika ITERA. 

SGT Mengudara di ITERA

 Pengukuran GCP

SGT Mengudara di ITERA

Setting GPS Oleh Mahasiswa ITERA

Selepas dari lapangan, tim SGT UAV juga memaparkan konsep dan alur pengerjaan akuisisi foto udara hingga processing data foto udara. Kami SGT UAV merasa senang dan bangga bisa hadir ditengah-tengah rekan-rekan mahasiswa maupun dosen ITERA.

Processing Data

SGT Mengudara di ITERA

Pemaparan Alur Kerja Foto Udara

Berikut ini merupakan hasil orthomozaik foto udara yang dilakukan di kampus ITERA

Hasil Orthomozaik

Orthomozaik diatas menggunakan titik control (GCP) sebanyak 5 titik. Dari data tersebut diketahui luas area yang terfoto secara keseluruhan adalah 861,7 Ha dan luas kampus ITERA adalah 285 Ha. 

Berikut ini adalah layout yang dihasilkan dari akuisisi foto udara diatas :

Salam,
SGT UAV

Posted By Maulana Khoer

"Buktikanlah dengan data, Gambarkan dengan peta"

Related Posts